Jilbab

Curhat Jilbab

Sepulang aksi Peduli Palestin tanggal 2 Januari kemarin saya naik busway lagi, capek siih Cuma semua serasa terobati jika saya nginget wajah2 saudara2 saya yang tadi aksi dengan ketulusan hati mereka,,, pokoknya seneeng banget dah ngelihat antusiasme mereka pas aksi bener2 All-out deh, hal ini yang bikin saya selalu optimis ma Usroh ni (jaga ke istiqomahan kami selalu yaa Allah,,,).

Sesampainya di dukuh atas yang arah mau ke Pulo gadung,,, masyaallah banyak banget orang yang ngentree sampe ke tangga sebelum masuk Shelter, mana pas nyampe didalamnya saya ngerasain panaas yang amat sangat ruaarr biasa ditambah ma bau yang naudzubillah deh bikin saya mabuk keliyengan tuh. Setengah jam kemudian Alhamdulillah kita bisa naik juga walaupun ga bisa duduk tak apalah yang penting dah ngerasain adem semriwingnya AC diBusway yg amat sangat di banggakan sama teman kelas saya,,, dan saudara2 tau tidak fenomena apa yang saya lihat di dalam Busway,,,

Dua kenyataan yang sangat bertolak belakang tapi satu yang sama,,, mereka sama2 wanita. Di depan saya berdiri dua orang perempuan dengan perbedaan yang sangat mencolok, kasarnya nih ya yang satu wanita ahli syurga dan yang satunya ahli neraka (secara zahir) astaghfirullah!!. Betapa saya sangat malu saat itu dan yang pastinya temen akhwat saya juga ngerasain yang sama, secara,,, dia yang berada di samping si mba yang lagi jual ‘ketek’ dan dada.

Bayangin aja malam2 dan didalam Busway yang cukup dingin ini ada seorang wanita yang berpakain sangat tidak layak, dengan atasan yang tidak berlengan bahkan Cuma sekedar tali dan memperlihatkan hampir 80% auratnya, seksi memang tapi Timingnya salah,,, sangat salah bahkan.

Selama perjalanan secara tidak sengaja saya berghibah sendiri dalam hati dan nyuekin buku Dari Gerakan Ke Negaranya Ustadz Annis Matta,,, astagfirullah saya ga berhenti ngucap dalam hati mana banyak laki2 saat itu,,, saya malu ma diri sendiri pasalnya sama aja si’mba itu ’ menelanjangi perempuan seluruh dunia termasuk saya, tapi saya juga menjadi orang yang paling bodoh sedunia karna ga bisa berbuat apa2 untuk mengingatkan si’mba itu’, dalam hati saya Cuma berdoa semoga Allah SWT memaafkan saya, si ‘mba itu’ dan orang2 yg ada di Busway saat itu.

Saya jadi berfikir,,, gimana tindakan criminal pada wanita bisa berhenti atau paling ga angkanya berkurang kalo ternyata mereka -para perempuan- sendiri yang memersilahkan para lelaki untuk menjilati tubuh mereka, ntar kalo kena aja laki2 deh yang disalahin,,, padahal kan dah ada rumusnya tuuh ada aksi ada reaksi, ya otomatis perempuan ga bisa nyalahin laki2. kata temen saya jika laki2 dihadapkan pada kenyataan seperti itu sama aja kayak kucing ngelihat ikan asin yang lagi di jemurin,,, ngiler deh bawaannya soalnya yang bekerja itu langsung hormon kemanusiaan mereka. Tapi bukan berarti saya membela mentah2 para lelaki yaa.

Jika saya bandingin ma temen saya yang akhwat yang berdampingan berdirinya deket si’mba itu’ malah putihan temen saya, badannya juga ga kalah langsing ma si’mba itu’ walaupun temen saya lebih kecil. Tapi pemirsa bisa bayangin kalo kita berada di tengah busway,, pastinya kita bakal pegangan ma gantungan,,, nah disini saya juga melihat perbedaan yang bikin hati saya miris soalnya temen saya yang akhwat sibuk ngelingkerin jilbab lebarnya ke bagian lengan agar tidak kelihatan lekukan di daerah sana sementara si’mba itu’ dengan enteng dan tanpa berdosa justru tidak malu dan tanpa segan memperlihatkan lengan bagian dalamnya,,, naudzubillah.

Disini jugalah saya menemukan fenomena betapa Islam dan jilbab sangat memberikan kenyamanan dan pengamanan yang ekstra bagi perempuan. Tapi sangat disayangkan ajaran yang luhur ini malah disalah artikan oleh perempuan-perempuan yang cukup tidak bertanggungjawab*Feminis*, nilai hakiki ini di nodai oleh keinginan dan kepentingan semu mereka.

Secara pribadi saya melihat ada memang beberapa penyebab yang menjadikan para perempuan lose faith terhadap kebermaknaan ajaran Islam tentang jilbab, diantaranya :

§ Keadaan perempuan Arab yang terlihat cenderung termarjinalkan oleh lingkungan sosialnya (bahkan sampai sekarang). Karena basis turunnya ajaran Islam disana otomatis Ini memang menjadi penyebab yang cukup besar dalam mempengaruhi perkembangan pengetahuan perempuan dunia terutama perempuan Islam dalam mengartikan makna jilbab sebenarnya.
§ Media yang dikuasai oleh ummat Yahudi dan nasrani. Nah hal ini juga pengaruhnya sangat besar dalam proses pembentukan jatidiri para muslimah. Secara yang punya media itu orang barat dan yang pastinya nilai-nilai yang mereka tawarkanpun akan mengekor pada budaya dan life stylenya mereka dong dan disini sering terjadi pengaburan makna jilbab yang sesungguhnya.
§ Rendahnya kesadaran perempuan dalam mencari makna jilbab yang sebenarnya, soalnya mereka dah il-fil duluan ma orang-orang yang dah jilbaban yang terlihat ga modis, kuper alias kurang pergaulan, gaptek, susah dapet kerjaan, lama dapet jodoh dan sederet labelling negative lainnya dan menjadi momok yg cukup menakutkan bagi mereka yg punya niat buat pake jadi pasang surut.(padahal ga gitu juga yak!!)
§ Para muslimah ga mau capek buat jemput bola. Paling ga lakuin pendekatan pribadi ato bahasa kerennya Da’wah Fardhiyah, membiarkan kesalahan pemaknaan jilbab berlarut-larut,,, ibaratnya penyakit dah akut gitu,,, dah susah nyari obat yang cucok,,,.
§ Kebanyakan kita melakukan pendekatannya bukan pendekatan ilmiah. Sekarang dah ga bisa lagi nembak mereka pake QS An Nur, hadis dan lainnya. Pake pendekatan ilmiah kayaknya lebih paten deh yaa,,,. Memberikan penjelasan kenapa jilbab itu wajib dari manfaatnya. Misalnya menjaga kulit dari sengatan matahari langsung, ga gerah soalnya udara dalam tubuh mslimah yang nutup aurat secara benar itu konstan alias tetap, truzz para dokter Australia dan Amerika juga menyarankan para perempuan mereka untuk memakai baju yang menutup tubuh (kudu ada fakta). Jangan lagsung ditembak ma ayat2 n hadis,, tapi bukan berarti ga mempan ya,, kita harus lihat objek nya dulu.

Masih banyak lagi siih ya penyebabnya, namun apa yang saya paparkan ini Cuma mengulik balik dari alasan kuno tapi alasan itu masih ada disaat jilbab sudah menjadi sebuah fenomena trade-setter muslimah tapi ternyata fenomena ini tidak cukup bisa merubah mind-set sebagian masyarakat untuk segera menutup harta berharga mereka yang di titipin Allah SWT.

Tapi dengan perkembangan kuantitas pemakai jilbab saat ini kita harus angkat topi ma para Suyuh kita yang dah berjuang agar jilbab bisa diterima dikalangan masyarakat dan negara. Mudah2an aja kita ga lupa ma peranan mereka (para muslimah tahun 70-80an) dalam memperjuangkan kepentingan jilbab, jadi sekarang kita ga perlu pulang karna di usir dari sekolah or tempat kerja cuma gara2 pake jilbab doang. Nah kawan muslimah,,, bersyukurlah kalian. Alhamdulillah.

0 komentar: