profil pemimpin FIS unj

Gimana siih Profil pemimpin yang Good !!!

Nurfahma Yoni[1]

Udah ga kerasa masa pemilihan pemimpin tingkat Fakultas dah mau mulai lagi neh, kayak tahun-tahun sebelumnya pembentukan kepanitian KPU alias Komisi Pemilihan Umum tingkat fakultas dah mulai, berarti kerja-kerja politik kampus terkait dengan pemilihanpun akan segera terasa tapi kayaknya ga semua mahasiswa civitas yang ngerasain suasana politk kampus tingkat fakultas ni.

Pemilihan Ketua BEM tingkat Fakultas ni sama aja ma pesta demokrasi skala kecil hampir mirip ma pesta demokrasi yang juga bentar lagi dilaksanain Negara kita tercinta tapi bedanya pemilihan di fakultas ni jauh dari limpahan dana, jauh dari gemerlap suap-menyuap dan yang milihpun Cuma mahasiswa tingkat fakultas tapi satu yang sama-sama ada,,, sama-sama ada suasana baku hantam (tapi g main fisik) pemikiran secara mahasiswa yang ada di FIS itu beragam ideologinya mulai dari yang ngaku komunis ampe yang religis (ngaku doang siih) apalagi ntar kalo dah mulai kampanye tulisan dan debat,,, wah ga kebayang nih tapi tergantung calon-calon yang ada juga siih. Oia ada lagi nih yang beda antara pesta demokrasi Negara ma pesta demokrasi di FIS, kalo Negara yang mau jadi pemimpin banyak nah kalo di FIS,,,beeh,,,sepi dah, musti dijorokin dulu.

Ok,, kita tinggalin dulu cerita tentang suasana pemilihan yang nanti juga bakal kerasa suasananya. Sekarang kita beralih topik pembicaraan. Selama saya jadi mahasiswa FIS,,,mh,,mh kira-kira dah 3,5 jalan 4 tahun deh berarti saya dah ngerasain 4 profil kepemimpinan tingkat fakultas yang pastinya beda juga cara memimpin mereka. Profil kepemimpinan dan sebuah organisasi sangatlah vital, ibaratanya pemimpin itu mesin penggerak, tauladan bagi bawahannya, low profil dan pastinya kita akan selalu ngarepin pemimpin yang seimbang IQ,EQ, dan SQnya dong yaa dan juga mereka memilliki kualitas pribadi agar organisasi yang mereka bawahin itu bisa bekerja dan memberikan manfaat yang terasa bagi civitas akademika.

Ga kebayang deh kalo misalnya Fakultas di pimpin ma orang yang neko-neko, ga punya kepribadian yang utuh, nato alias no action talk only, kerjaanya Cuma mengkritik tapi ga ada kerja nyata, nyeleneh alias ga bertanggungjawab,, waah ga banget deh. Paling ga seorang pemimpin itu punya kualitas pribadi dan ntar dia bisa nularin kualitas pribadi yang dia punya untuk reka-rekan kerjanya kelak. Sedikitnya ada 10 kualitas pribadi yang dimiliki oleh peminpin, kita kupas dikit,,, yuuk :

1. Ketulusan

Nah ini nih sifat yang paling disukai ma semua orang, pasalnya sifat ni bikin orang yang ada dideketnya akan merasa save dan dihargain (g pake duit yaa) karna yakin ga bakal di bohongin dan dibodohi.

2. Rendah Hati

Beda ya ma rendah diri yang berarti lemah, kalo rendah hati ni adalah kekuatan seseorang ibaratkan padi yang makin berisi makin nunduk. Ia dapat dengan senang hati mengakui dan menghargai kelebihan orang lain.

3. Kesetiaan

Ini juga yang sulit kita temuin, kesetiaan memperlihatkan kemitmen dia terhadap apa yang ia pimpin dan hal ini menjadi barang berharga coz amat sangat sedikit orang yg punya sifat ini sekarang.

4. Bersikap Positif

Iih,,, ga kebayang jika seorang pemimpin itu orang yang selalu negative thinking ma rekan kerjanya, apa yag kita kerjain ga ada yg bener. Sikap positif ini mengenai kebaikan dan harapan atau like solution not frustasilah.

5. Keceriaan

Keceriaan ni memperlihatkan sikap hati seseorang, orang-orang yg ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup atau bahasa langitnya orang yang syukur nikmat dan ga suka ngeluh.

6. Percaya Diri

Ini sifat yg harus,musti n kudu ada ma pemimpin secara pemimpin tu kan yang jadi bahan tiruan buat rekan kerjanya yg lain. Dia yang nahkodain kapal organisasi, dia harus tahu apa yg harus dilakuinnya dalam kondisi apapun. Gimana mau ngelobi Dekan dan dosen kalo didepan pintu ruangan dekan ja dia dah keringetan duluan,,,kan g lucu gituh.

7. Jiwa Besar

Ga putus asa, suka memaafkan, like peace dan yang penting g egois deh.

8. Easy Going

Sifat ni sangat diperluin soalnya dalam tiap organisasi pastinya ada ganjang-ganjing dalam berkerja,,, nah sifat ni bisa meredam ketidak nyamanan yang diciptakan oleh suasana yang kayak gitu. Orang yang easy going ni adalah orang yang g gampang tertekan dan ga suka ngungkit masa lalu alias pemaaf.

9. Bertanggung Jawab

So pastilah ya ni sifat musti ada ma pemimpin kita. Ni juga buat kelancaran dalam menjalankan amanah dia n rekan-rekannya.

10. Empati

Orang yg punya sifat empati ini adalah orang yang bener-bener memaknai tiap indera yg di anugrahkan oleh Tuhan yg Maha Esa. Telinga dua untuk jd pendengar yg baik, kaki dan tangan dua untuk bekerja yang cakap dan mulut satu artinya dia ngomong ya seperlunya aja, ga harus ngumbar-ngumbar janji n punya motto talk less do more (kek jargon apa gitu).

Sebenarnya selain yang diatas masih ada sederet sifat yg ada pada sosok pemimpin misalnya ia harus seorang motivator, inisiator asalakan bukan jadi pengekor. Satu lagi ia harus siap dengan benturan-benturan suasana yang bisa aja diluar prediksinya, apalagi FIS nih kompleks ya orang yg ada didalamnya.

Waduh banyak banget niih syarat buat calon pemimpin,,,ups tenang aja nih bukan syarat untuk jadi calon ketua kog,,, Cuma kalo kamu mang punya niat buat jadi calon pemimpin paling ga kamu punya sifat-sifat diatas demi ketenangan hidup dunia akherat coz tiap kepemimpinan ntu ada pertanggung jawabannya. Yaa kalo ga semuanya paling ga yang mendekati lah,,, ya ga.




[1] Mahasiswa Sosiologi Aktn. 2005 dan Panitia KPU FIS 2008

0 komentar: